Selasa, 17 Agustus 2010

WISATA DI GARUT

Kabupaten Garut menyimpan banyak potensi wisata seperti Gunung Papandayan, Cipanas, Kawah Kamojang, Candi Cangkuang, Arung jeram di Cimanuk sampai dengan wisata Pantai di Ranca Buaya.  Dari beberapa objek wisata garut berdasarkan data dari web PEMDA KAb. Garut tiga objek wisata di Garut yang paling banyak dikunjungi sampai dengan bulan juli tahun ini adalah :

WISATA AIR CIPANAS
Terletak 2 Km dari Garut tepatnya di kaki Gunung Guntur yang sensual, Cipanas merupakan resort wisata utama di Garut dengan pemandian air panas belereng paling bening di Indonesia. Dengan fasilitas resort, hotel dan restaurant berbagai kelas, kolam renang, kamar rendam, serta aksesibilitas yang sangat mudah menjadikan Cipanas sebagai objek unggulan di Garut. Dapat juga ditempuh menggunakan angkutan kota dengan jurusan cipanas-tarogong.
Di Cipanas kita bisa memilih tempat berendam sesuai dengan selera dan kantong kita, mulai dari yang pake seluncuran atau yang pake pancuran air panas bisa kita pilih deh sesuka kita. Penginapan juga gampang kok, tinggal milih juga. Buat yang seneng beli oleh-oleh juga gampang didapat, di sepanjang jalan Otista jalur Garut -Bandung berjejer toko-toko yang menjual oleh-oleh khas kota Garut, terutama dodol garut. Tentu saja dengan harga yang terjangkau pula.

PANTAI SANTOLO
 
Salah satu pantai yang populer di kab. Garut adalah pantai santolo. terletak di kec. Cikelet, sebelah selatan pusat kota Garut, jarak tempuh dalam waktu 3 jam perjalanan atau sekitar 88 km.
Menikmati panorama pantai dan biota laut,merupakan aktivitas wisata yang dapat dilakukan. tersedia juga sewaan perahu yang melayani wisatawan untuk menikmati deburan pantai ombak selatan yang cukup menantang. selain itu kita bisa menikmati hidangan makanan laut yang segar dengan sajian yang sederhana. fasilitas yang dibutuhkan wisatawan cukup tersedia seperti losmen, kios-kios cinderamata dengan harga terjangkau.
Berdekatan dengan pantai terdapat sebuah pulau yang bisa dituju dengan menggunakan perahu untuk menyeberangi sungai yang terlihat tidak begitu lebar namun cukup dalam karena perahu-perahu nelayan sanggup berjalan diatasnya, kondisi pulau cukup asri namun sedikit kotor sedangkan pantainya penuh dengan karang sehingga ombak besar sudah pecah sebelum menyentuh bibir pantai serta di sekitar sini ada bendungan/jembatan tua, bangunan deteksi dini tsunami dan karang yang cukup besar berdiri di sekitar pantai. Kondisi pantai berkarang dan karang yang berdiri kokoh.

SITU BAGENDIT
 
Objek wisata situ bagendit terletak di desa bagendit, kecamatan banyuresmi ini merupakan objek wisata alam berupa danau, jarak kawasan wisata Situ Bagendit ini dari pusat kota garut yaitu 4 km. dapat pula dijangkau dengan angkutan umum jurusan terminal Guntur-kp.Mengger dan Garut-Limbangan
Objek wisata ini memiliki potensi pemandangan alam yang cukup menarik, sebuah danau besar dengan latar belakang gunung yang menjulang tinggi terlimuti awan di bagian atasnya nampak indah dipandang mata. Beberapa rakit terbuat dari bambu dengan atap dan tempat duduknya yang berwarna-warni, siap mengantar pengunjung untuk mengarungi danau. Tidak hanya rakit, perahu kecil berbentuk angsa dan kano juga disediakan bagi mereka yang ingin lebih privasi dalam menikmati perjalanan melintasi danau. Sekumpulan bunga teratai tampak bermekaran disalah satu sudut danau.
Sementara di tepi danau sendiri, tampak beberapa pengunjung asik melemparkan kail, berharap mendapatkan ikan. Sekelompok pengunjung asik berteduh dibawah pepohonan rindang sambil menggelar tikar dan menyantap bekal. Sebuah kereta api mini juga tersedia sebagai salah satu bentuk lain dari hiburan yang ada. Sayangnya, jalur yang dilewati tidaklah jauh dan kurang menarik, karena hanya berputar-putar dalam jarak yang pendek dan memutari tempat yang dipenuhi oleh pengunjung dan penjaja/pedagang kaki-lima.
Tentunya penanganan yang lebih serius dalam mengelola objek wisata ini akan mampu menyedot jumlah pengunjung yang lebih banyak lagi. Karena bagaimanapun juga secara natural Situ Bagendit memang berpotensi dan menarik sekali untuk dikunjungi, terlebih diwaktu matahari terbit/tenggelam, nampaknya akan mampu memberikan nuansa tersendiri bagi pengunjungnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar