Kamis, 12 Agustus 2010

BAU MULUT SAAT BERPUASA

Mengapa nafas cenderung berbau tak sedap saat sedang berpuasa?
Bau mulut saat berpuasa terutama disebabkan oleh dua hal. Pertama, aliran air liur jauh berkurang karena tidak adanya aktivitas pengunyahan. Padahal, air liur memiliki banyak fungsi, di antaranya untuk membunuh kuman penyebab bau mulut dan untuk membilas sisa makanan. Kedua, sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan baik akan diolah oleh bakteri dan menghasilkan gas sulfur yang merupakan sumber bau mulut.
Berikut beberapa tips sederhana agar “merdeka” dari bau mulut selama puasa, dan lebih khusyuk beribadah.
  • Periksakan gigi dan mulut. Masih ada waktu kurang lebih seminggu lagi, sebelum bulan puasa tiba. Meski disibukkan dengan belanja kebutuhan rumah tangga, jangan lupa juga untuk memeriksakan diri ke dokter gigi. Tujuannya? Untuk mendeteksi karies yang mungkin terabaikan namun perlu ditambal, atau membersihkan karang gigi yang menumpuk. Karies dan karang gigi juga dapat berkontribusi sebagai sumber bau mulut. Akibatnya, kita jadi kurang percaya diri untuk berdekatan dengan orang lain selama berpuasa.
  • Perketat penjagaan kebersihan gigi dan mulut. Jika selama ini Anda sering lalai menyikat gigi sebelum tidur, kini pastikan hal itu tidak terjadi lagi.  Sikat gigi pun jangan asal-asalan, tapi caranya harus benar. Arah penyikatan atas-bawah dengan sedikit memutar, jangan lupakan daerah gigi belakang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar